Rabu, 02 Juli 2014

Cara Merewat Fungsi Ginjal Agar Tetap Sehat

ORGAN utama dalam tubuh kita selain dari jantung adalah ginjal. Organ ini terdapat dalam sistem kemih dan berfungsi sebagai penyaring alami terhadap darah. Ginjal kita juga berfungsi membuang racun dan cairan berlebih dari tubuh. Organ ini juga menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah, sehingga salah satu fungsinya adalah membantu mengatur tekanan darah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merawat ginjal dengan cara terbaik sehingga ginjal bisa ‘melayani’ kehidupan Anda lebih lama dan tetap sehat. Berikut beberapa cara menjaga ginjal Anda tetap sehat : 

  • Berhenti merokok,- Salah satu cara terbaik untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan berhenti merokok. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satunya gagal ginjal di masa depan. Ketika Anda merokok, paru-paru akan lebih banyak memberikan tekanan pada ginjal, sehingga pada akhirnya membuat ginjal lemah.
  • Berhenti minum alkohol,- Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan ginjal adalah minum alkohol. Oleh sebab itu, bila Anda memiliki kebiasan minum alkohol secara berlebihan sebaiknya pikirkan kembali dampak yang ditimbulkan untuk ginjal. Jadi, untuk menjaga ginjal tetap sehat berhentilah minum alkohol.
  • Berolahraga,- Para ahli mengatakan, beberapa bentuk olahraga seperti berlari, berjalan, dan berenang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ini dalam sehari minimal 1 jam. Berolahraga juga membantu menjaga berat badan. Bila Anda obesitas maka ginjal harus bekerja lebih keras sehingga bisa membuat organ ini melemah.
  • Menjaga cairan tubuh,-Menjaga tubuh tetap terhidrasi membuat Anda menjalani gaya hidup yang sehat. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan berdapak baik untuk kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh dapat mengonsumsi 3 liter air setiap hari sehingga membuat organ ginjal berfungsi dengan baik dan sehat.
  • Menjaga tekanan darah,- Menjaga tekanan darah adalah salah satu cara membuat ginjal Anda tetap sehat. Hindari terlalu banyak stres dan pastikan kadar kolesterol Anda tetap rendah. Ketika mengontrol tekanan darah, Anda cenderung menjalani hidup yang sehat sehingga menjaga ginjal tetap sehat.

Mengkonsumsi garam berlebihan dan tekanan darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tidak ingin memiliki gangguan pada ginjal, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini :
  1. Hindari konsumsi garam dan makanan berlemak secara berlebihan
  2. Hindari mengonsumsi obat yang dijual bebas dan obat penghilang rasa sakit jika tidak diperlukan
  3. Mengurangi asupan makanan cepat saji karena mengandung kadar garam yang tinggi.
  4. Minum sedikitnya 2-3 liter per hari, karena asupan air yang cukup bisa membantu mengurangi penumpukan zat-zat berbahay di ginjal dan dikeluarkan melalui urine.
  5. Hindari asupan protein tinggi dalam bentuk suplemen protein.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

    1. Mengatur pola makan merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak. 
    2. Menjaga pencernaan merupakan langkah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Ini dapat dilakukan dengan menambah konsumsi makanan probiotik dan prebiotik serta makanan yang memiliki atau kaya serat yang cukup tinggi.
    3. Stop kebiasaan merokok merupakan langkah berikutnya yang sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. ini dikarenakan, kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal yang akan anda alami.
    4. Stop dari minuman beralkohol sekarang juga. Ini di karenakan dengan mengkonsumsi alkohol akan berdampak buruk bagi kesehatan ginjal anda. karena mengakibatkan peningkatan tekanan darah dalam tubuh anda yang pada akhirnya berujung pada gangguan ginjal anda.
    5. Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. dalam hal ini 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda.
    6. Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.
    7. Usahakan tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri. Ini dikarenakan dapat merusak ginjal anda atau konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.
Itulah beberapa tips dan anjuran untuk merawat ginjal anda agar tetap sehat, apabila salah satu dari anda, teman atau bahkan keluarga anda yang sudah memiliki masalah pada ginjal sebaiknya lakukan pengobatan yang tepat, untuk itu kami disini merokomendasikan pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit ginjal anda yaitu dengan menggunakan rangkaian produk green world, untuk lebih lengkapnya, KLIK>>>  jualobatginjal.web.id

Artikel Terkait : 

 posted by : Agen Green World


Cara Merewat Fungsi Ginjal Agar Tetap Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar